Selasa, 25 Agustus 2009

Sebagai wilayah yang terkenal dengan kesuburan tanah dan keeksotikanya, Banyuwangi memiliki banyak sekali potensi pariwisata yang sangat memikat. Didukung dengan kestrategisannya yang berdekatan dengan pantai Bali yang merupakan daerah utama tujuan wisata mancanegara dari wisata Banyuwangi tentunya juga menjadi salah satu tempat pilihan untuk dikunjungi. Adapun potensi kepariwisataan Banyuwangi antara lain meliputi:

1) Taman Nasional Alas Purwo
TN. Alas Purwo berlokasi di wilayah selatan Banyuwangi, tepatnya di antara kecamatan Tegaldlimo, Muncar dan Purwoharjo yang sekaligus merupakan salah satu kompleks area perlindungan alam departemen kahutanan JATIM yang mana di dalamnya terdapat potensi pariwisata pantai Plengkung atau yang lebih dikenal dengan sebutan G-LAND, yang dikenal oleh wisatawan mancanegara sebagai 5 besar pantai yang memiliki ombak terbaik di dunia, dan karena alasan itulah para wisatawan mancanegara memilih Plengkung untuk menyalurkan kecintaan mereka dalam bermain surfing. Selain pantai Plengkung areal wisata Taman Nasional Alas Purwo juga meliputi pantai Trianggulasi yang terkenal dengan sunsetnya, pantai Pancur dengan pasir putihnya, padang pengembalaan buatan Sadengan, tempat penetasaan telur penyu Ngagelan dan Segoro Anak Bedul.
2) Kawah Ijen
Kawah ijen berlokasi disebelah barat kota banyuwangi. Kawah yang berbentuk elips dan merupakan yang terindah di Indonesia ini memiliki ukuran 900 x 600 m dengan kedalaman 200m .Air kawahnya berwarna hijau atau biru karena sewaktu - waktu dapat berubah. Kawah Ijen juga memliki potensi belerang.
3) Pantai Grajagan
Pantai yang masih dalam naungan G-LAND ini berlokasi di ujung selatan Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di kecamatan Purwoharjo. Di sini terdapat bukit - bukit dan camping ground serta fasilitas hotel bagi para tamu. Pantai ini merupakan pantai lepas dari perairan Samudera Hindia.
4) Pulau Merah dan Pancer
Merupakan pantai-panai yang terletak diwilayah barat Kabupaten Banyuwangi kecamatan Songgon, Pulau Merah merupakan pantai yang eksotik. Tempat ini dikenal karena bebatuannya yang berwarna merah. Sedangkan Pancer dikenal sebagai pantai pelabuhan ikan.
5) Pantai Rajegwesi, Teluk Damai dan Teluk Hijau.
Ketiga tempat ini berada dalam satu kawasan wilayah di kecamatan Pesanggaran yaitu wilayah barat Kabupaten Banyuwangi. Untuk saat ini teluk Hijau sendiri belum dikenal dan banyak dikunjungi, karena medannya masih cukup sulit untuk dijangkau.
6) Sukamade
Merupakan pantai pemeliharaan penyu yang tersohor hingga ke seluruh dunia. Pantai ini merupakan salah satu tujuan wisata manca utama di banyuwangi, karena wisatawan asing menggunakan tempat ini sebagai tempat penelitian.
7) Leider(kecamatan Glenmor)
Air terjun yang terkenal sangat eksotik ini yang merupakan yang tertinggi dikabupaten Banyuwangi, namun medannya masih sangat sulit karena harus melewati sungai yang penuh bebatuan besar di dasar jurang.
8) Rawa Bayu
Berlokasi di kecamatan Songgon dan merupakan rawa peninggalan sejarah perang puputan bayu. Alamnya yang begitu hijau dan air rawa yang jernih menanti pengunjung untuk menikmati panorama Rawa Bayu ini.
9) Watu Dodol
Berlokasi di kecamatan Kalipuro. Watu Dodol adalah tempat wisata berupa bukit yang menghadap langsung ke laut. Di sini terdapat sebuah batu besar yang berdiri di tengah jalan, konon batu ini digunakan orang untuk berjualan ( Watu Dodol )
10) Kali Bendo
Wisata alami berupa pemandian sungai yang airnya berasal dari aliran air terjun. Berlokasi di kecamatan Licin, sebalah barat kota banyuwangi.
11) Perkebunan Kendeng Lembu di kecamatanglenmor Malangsari mangoutomo dikecamatan kalibaru
12) TN.Mem Betiri di kecamatan pesanggaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar